lolita fashion (EGL vs EGM)



 
 
 


  Style Ghotic yang identik dengan J-rock sebenarnya hanyalah salah satu dari sekian gaya fashion  dan penampilan yang cukup nge-trend di Jepang. Yang dimaksud dengan ghotic dalam fashion sendiri adalah gaya fashion zaman Victorian [Inggris] abad ke-19. Style tersebut diadaptasi orang Jepang yang nampaknya sangat menyukai gaya ini. Style Gothic dalam fashion Jepang dibagi menjadi 2 aliran utama [masih banyak subaliran lainnya], yang dikenal dengan istilah Elegant Gothic Lolita [EGL atau Gothloli] untuk baju-baju wanita dan Elegant Gothic Aristocrat [EGA] untuk baju-baju pria. EGA kurang populer dibandingkan EGL sehingga tidak banyak orang yang bisa dijadikan contoh. Mungkin gaya Gackt semasa bergabung dengan Malice Mizer bisa dijadikan contoh, meskipun gaya pakaian aristokrat dengan kerah berenda, jas beludru dan rambut panjang telah lama ia tinggalkan.

 
 




 
     EGL atau lebih enak disebut Gothic Lolita saja, lebih populer karena dianggap lebih cute dan romantis. Lolita disini sebenarnya merujuk pada judul novel terkenal karya Vladimir Nabokov pada tahun 1955, yang mengisahkan tentang seorang pria tengah baya yang jatuh cinta kepada seorang anak perempuan. Kata lolita di artikel ini sebaiknya tidak dicampuradukkan dengan istilah Lolita Complex, karena konteks disini adalah fashion style, bukan kelainan seksual. Fashion style dalam arti, meskipun yang memakai pakaian Gothic Lolita adalah pria, belum pasti ia mengidap kelainan seksual. Bagi orang Jepang gaya adalah gaya, tidak ada hubungannya dengan kehidupan pribadi atau identitas seksual. Icon Gothic Lolita yang paling beken dari dulu sampai sekarang adalah Mana, ex-gitaris Malice Mizer. Cowok satu ini sering tampil dengan dandanan gaun era Victorian dengan rambut yang ditata feminin ikal seperti boneka.
http://i478.photobucket.com/albums/rr146/12Tecpatl/J-Rock/SuG/11910389.jpg

     Gothic Lolita identik dengan gaun-gaun anak perempuan zaman Victoria yang berenda dan bertumpuk-tumpuk, dengan ornamen pita, manik-manik, sulaman dan bunga. Model baju bervariasi, mulai dari tangan bajunya menggembung atau panjang berenda dan berpita, potongan dada rendah atau tertutup sama sekali, dan pinggang bermodel korset atau baby doll. Hiasan lainnya adalah hiasan lainnya adalah headband dari kain dan renda, topi/bonnet berjaring, sarung tangan dan parassol. Gothic Lolita juga dilengkapi dengan sepatu model Mary Jane dengan tali atau kancing.


     Pengaruh ghotic yang dark dan J-rock yang keras membuat fashion Gothic Lolita  sering dimodifikasi menjadi lebih dark dengan warna hitam atau merah tua. Renda dan pitanya berwarna hitam, disulam dengan gambar salib atau kelelawar. Ditambah juga dengan jubah bertudung, sepatu boot hitam atau sepatu Mary Jane bersol tebal, serta kuku-kuku palsu panjang bak cakar. Tak lupa aksesoris perak berbentuk tengkorak, belt kulit berhiaskan paku-paku, dan lipstick serta eyeliner berwarna gelap. 

     Di Jepang sudah banyak fashion label yang khusus membuat baju-baju Ghotic dengan berbagai nuansanya [lolita, aristocrat, punk, dll] seperti Moi Meme Moitie milik Mana, h.Naoto, Victorian Maiden, Metamorphose temps de fille, Alice Auaa, dll. Style Gothic Lolita ini juga mulai merambah ke luar Jepang seiring dengan demam anime, manga, dan J-rock; serta sudah menjadi gaya cosplay yang cukup diminati.
   
Contoh beberapa variant Gotic lolita :
Elegan gotic lolita
 sweet lolita


Classic Lolita

variant dari clasic lolita
Aristocrat
 Aristocrat


Punk Lolita

Ouji/kodona/dandy (male Lolita fashions)

Guro Lolita

Sailor Lolita

Hime Lolita 

wa lolita

Country Lolita
 

Ero Lolita

fufu...
buanyak amat nyak...
tapi aku punya yang paling special..wokwokwok.. namanya EGM(elegant ghotic muslim) 
 IN BLACK



tp ada sih yang lebih yahud cma lom di posting aja biar pada penasaran..
-- coming soon --

4 komentar:

  sakura dio

9 Juni 2010 pukul 20.20

keren reviewannya....numpang baca dulu nih...

  Irma syukron

13 Oktober 2010 pukul 14.59

thanks.. enjoy it..

  Nurul

5 November 2010 pukul 13.31

hahahaha...emang tuh gaya gitu aneh banget...ada toko namanya tokyo rebel, suka banget gayanya....

  Irma syukron

23 November 2010 pukul 15.10

wkwkwkwkwkw... emang GJ ya...
oiya toko rebel.. di mana ada reviewnya nda?? mau liat dunk gaya2nya kak..

Our Sense